Demam Tifoid

Apa itu demam tifoid?

Demam tifoid atau yang biasa kita kenal dengan demam tifus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. Khususnya yaitu salmonella typhi.

Penyakit ini dapat ditemukan di seluruh dunia, dan disebarkan melalui makanan dan minuman yang telah tercemar oleh tinja. Penyakit ini jarang terjadi pada anak usia < 2 Tahun karena biasanya usia batita tidak pernah jajan atau memakan makanan diluar rumah.

Pada umumnya tanda yang dapat muncul pada demam tifoid yaitu demam tinggi lebih dari tujuh hari dan dapat mencapai suhu kirsaran 39-40  Celcius, demam terutama dirasakan pada sore dan malam hari. Gejala gejala nya antara lain, badan lemas, sakit kepala, lidah terasa pahit, nyeri otot, nafsu makan menurun, sulit Buang Air Besar (BAB) atau Buang Air Besar (BAI) agak cair, dan perut terasa nyeri.


Penanganan nya harus bagai mana?

Penanganan yang paling tepat pada tifoid akan mempercepat kesembuhan, karena tifoid dapat memperburuk keadaan pasien. Hal terpenting dalam proses penyembuhan tifoid ini adalah dengan istirahat secara total disertai dengan asupan diet yang baik dan disertai dengan meminum obat yang sudah disarankan oleh dokter jika ingin rawat jalan. Apabila pasien tidak mampu mengkonsumsi banyak makanan atau minum, maka pasien disarankan untuk dirawat agar tidak terjadi dehidrasi.

Bagaimana cara mencegahnya ?

Pencegahan yang paling penting untuk penyakit tifoid ini adalah menjaga enitas, selalu mencuci tangan yang bersih baik sebelum atau sesudah makan, dan tidak jajan atau membeli makanan sembarangan di tempat yang higienitasnya buruk.
Note : Setiap tifus selalu terjadi dengan diawali gejala demam, tetapi tidak semua demam harus di diagnosis tifus, justru penyebab paling sering demam adalah infeksi virus 


Terimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat J

0 Response to "Demam Tifoid"

Post a Comment